Jumhur Hidayat Kagum TKI Bangun SMP Islam Terpadu

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat (Pesantnews.com/Santrinews.com)

Banyuwangi – Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengaku kagum atas solidaritas dan jiwa sosial para TKI sehingga bisa membangun yayasan atau sekolah senilai Rp.600 juta.

Kekaguman itu disampaikan Jumhur saat meresmikan Yayasan Baitussalam yang didirikan oleh TKI di Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, Minggu, 26 Juni 2013 pekan lalu.

Peresmian itu sekaligus membuka pengoperasian Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama (SMP NU) Baitussalam yang berada di sebelah yayasan yang terletak di Desa Tampo.

Puluhan anak sudah mendaftar untuk menjadi siswa di sekolah yang menjalankan program unggulan ilmu Al Quran, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

“Hebat, saya kagum dan ini salah satu bukti bahwa TKI sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah,” katanya.

Jumhur berharap yayasan tersebut tak hanya bergerak dalam kegiatan pendidikan dan sosial tetapi juga pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“BNP2TKI ada program pemberdayaan TKI purna, sudah ada jaringan untuk memasarkan berbagai produksi TKI purna,” kata Jumhur.

Pembangunan yayasan dan sekolah yang menelan dana sekitar Rp600 juta itu dibiayai oleh para TKI asal Banyuwangi yang pernah bekerja di Taiwan.

Biayanya terkumpul dari iuran dan zakat para TKI sekaligus untuk mendapatkan kenang-kenangan dari hasil kerja mereka selama di luar negeri dengan memiliki gedung sekolah dan yayasan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Kepala BNP2TKI atas nama pribadi juga menyerahkan bantuan dana untuk membantu kegiatan yayasan dan sekolah.

Sebelum meresmikan yayasan itu, Kepala BNP2TKI menghadiri pengajian akbar dan istighotsah Ihsaniyyah di Pondok Pesantren Baitussalam pimpinan KH Shoheh Mansyur.

Dalam pengajian yang diadakan dalam rangka peringatan Nisfu Syaban dan menjelang Ramadhan tersebut, Jumhur juga memberikan bantuan untuk sejumlah santri yang telah hafidz (hafal) Al Quran. (ahay/saif).

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network