Sepotong Pengalaman dari Melbourne

Judul: Melbourne Memang Dahsyat!
Penulis: Marjohan, M.Pd.
Penerbit: Yogyakarta, DIVA Press
Cetakan: I, Mei 2013
Tebal: 193 hlm
Peresensi: Zaitur Rahem *

Menembus batas, menaklukkan dunia, meraih mimpi-mimpi adalah hak setiap orang. Baik warga yang berdiam di kawasan elite atau pedalaman. Yang penting, individu bersangkutan memiliki modal untuk bisa dipertaruhkan sebagai jaminan atas keinginannya menjadi pemenang. Jaminan tersebut berupa prestasi dan keahlian yang dimiliki. Jaminan prestasi dan potensi tersebut juga menjadi kendaraan utama menelusuri sejumlah kota penting dan maju di belajan dunia. Lalu, mengemas pengalaman yang didapat dari kota maju itu sebagai pijakan melakukan perubahan selanjutnya.

Marjohan adalah salah satu dari sekian orang di negeri ini yang mampu memenuhi syarat meraih pertaruhan di atas. Lelaki yang berprofesi sebagai tenaga pendidik di daerah Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini berhasil terbang ke negara Kanguru. Sebuah pengalaman hidup yang sebelumnya hanya ada di benak, dalam mimpi tidurnya, dan … akhirnya dia menikmati rencana yang sejak kecil dia angankan menjadi kenyataan. Semua, bagi Marjohan seperti mimpi saja. Dia tidak menyangka akan mendapat kesempatan menjelejahi negara Australia, salah satu negara dari sepuluh negara yang dianggap terbaik di dunia.

Kesempatan bisa datang kapan saja dan untuk siapa saja. Marjohan adalah orang yang beruntung. Keberuntungan ini tidak datang begitu saja. Akan tetapi dilalui dengan proses panjang dan melelahkan. Marjohan melakukan sejumlah aktifitas penting di daerahnya. Dia menjadi tenaga pendidik tekun dan profesional. Dia menumpahkan potensi dan menorehkan prestasi. Sehingga, ketekunan itu berbuah pernghargaan (reward). Dia ddaulat sebagai salah satu guru berprestasi tingkat nasional, mewakili guru-guru di daerah Sumatra Barat. Reward yang diberikan pemerintah sangat spesial. Dia bisa mengunjungi ibu kota Jakarta, mendapatkan penghargaan negara berupa anugerah Satyalencana dan study banding ke negara Australia.

Buku ini adalah catatan penting Marjohan selama melakukan perjalanan berharganya, dari tanah Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Sebuah informasi bernilai yang di dalamnya memuat energi semangat anak negeri dari daerah pedalaman yang mampu menaklukkan dunia. Rekaman prestasi yang memberikan motivasi. Kitab ajaib untuk menjadi pedoman bagi generasi lainnya bisa menorehkan prestasi dan menjelajahi negara maju di dunia ini.

Catatan perjalanan Marjohan ini secara tidak langsung adalah suntikan pengetahuan baru. Tentang suasana sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan kota Melbourne Australia. Meski catatan Marjohan dalam buku ini sepintas pandang. Pembahasan tentang objek penting di Australia tidak detail. Sisi ini yang menjadi kelemahan dalam buku ini. Akan tetapi terlepas dari kekurangan dan kelebihan, buku ini sangat inspiratif. Sebab, di dalamnya memuat informasi tentang suasana di negara berjuluk Kanguru. Selamat membaca!

*Dosen Fakultas Tarbiyah INSTIKA dan STITA Sumenep. Alumni Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Terkait

Buku Lainnya

SantriNews Network