Akhbar

316 Jemaah Haji Sumenep Berangkat ke Mekkah, Pemkab Fasilitasi 8 Bus

Sabtu, 18 Juni 2022 13:30 wib

...
Wakil Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah saat melepas 316 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep 2022 di GOR A. Yani Panglegur (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Wakil Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah resmi melepas sebanyak 316 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep 2022. Mereka tergabung dalam kloter 21.

Dengan menggunakan 8 bus yang difasilitasi Pemkab Sumenep dan diiringi pembacaan shalawat, mereka diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Nyai Eva –panggilan akrab wakil bupati berpesan agar CJH selalu menjaga kekompakan, sehingga bisa saling mengkoordinir satu sama lain agar tidak ada satupun yang terpisah.

“Kami mengharapkan para jamaah untuk menjaga kekompakan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah,” kata Nyai Eva saat melepas pemberangkatan CJH Kabupaten Sumenep, di GOR A. Yani Panglegur Sumenep, Sabtu 18 Juni 2022 pukul 01.00 WIB.

Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Sabtu pagi pukul 07.00 WIB, dan keberangkatan ke tanah suci Mekkah, pada Ahad, 19 Juni 2022 pukul 05.15 WIB dari Juanda menuju Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Nyai Eva berpesan agar para CJH harus menjaga kebersamaan dan rasa kekeluargaan, bahkan manakala di antara para jamaah ada yang membutuhkan bantuan, jangan segan-segan menolongnya untuk kebaikan bersama.

“Pelaksanaan haji bersifat kolektif tentu saja jika ada satu masalah pasti berdampak kepada yang lain, karena itulah, taatilah aturan, jangan mengambil keputusan sendiri-sendiri, supaya pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Nyai Eva meminta CJH harus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pendamping haji, bahkan jangan takut bertanya untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji, termasuk memeriksakan kesehatan kepada tenaga medis apabila merasa ada gangguan kesehatan.

“Kami mendoakan semua CJH dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji berjalan lancar dan semoga memperoleh predikat haji mabrur,” tandasnya.

Nyai Eva menambahkan, keluarga calon jamaah haji senantiasa mendoakan keluarganya yang menjalankan ibadah haji, agar dalam lindungan Allah SWT dan kembali dari Tanah Suci dengan selamat.

“Kami harapkan keluarga yang berada di rumah untuk selalu berdoa supaya keluarga yang melaksanakan ibadah haji senantiasa sehat dan sabar menunggu kedatangan keluarganya,” pungkasnya. (rus/red)