Akhbar

Pesan Bupati Fauzi untuk Jemaah Haji Sumenep

Rabu, 15 Juni 2022 15:30 wib

...
Bupati Achmad Fauzi saat sambutan pelepasan jemaah calon haji asal Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Bupati Sumenep Achmad Fauzi meminta Calon Jamaah Haji (CJH) untuk senantiasa menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Bupati Fauzi juga mengingatkan tentang perbedaan tradisi dan budaya di Arab Saudi.

“Hendaknya menjaga kesehatan, karena faktor kesehatan sangat rentan mengalami gangguan, akibat perbedaan cuaca antara Indonesia dan tanah suci Mekkah,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan simbolis CJH Kabupaten Sumenep dan Manasik Akbar 2022, di Aula Kantor Kementerian Agama Sumenep, Rabu, 15 Juni 2022.

Apalagi, saat ini, informasinya kondisi cuaca di tanah suci Mekkah mencapai 45 derajat celcius, sehingga dalam menjalankan ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat, agar para CJH bisa melaksanakan tahapan ibadah dengan sempurna.

“Kami harapkan para CJH ini benar-benar menjaga kesehatan agar rukun haji bisa dilaksanakan dalam kondisi sehat, supaya khusyuk melakukan ibadah haji, seperti wukuf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah serta melempar Jumrah,” ujarnya.

Pada sisi lain, Bupati berpesan para CJH menjaga nama baik bangsa Indonesia terutama Kabupaten Sumenep, dengan tidak melakukan perbuatan dan tindakan yang menodai pelaksanaan ibadah haji.

Itu dilakukan karena kultur budaya Kabupaten Sumenep berbeda dengan tradisi dan budaya di Arab Saudi, terlebih lagi di Tanah Suci Mekkah, bertemu dengan CJH dari berbagai negara lain yang memiliki kultur berbeda-beda.

“Jadi, para CJH Kabupaten Sumenep hendaknya jangan sembarangan melakukan sesuatu agar tidak terjadi kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan bersama. Bahkan, juga menjaga kekompakan sesama jamaah haji dari Indonesia, khususnya Kabupaten Sumenep, guna saling membantu dan saling mengingatkan,” pesannya.

CJH Kabupaten Sumenep tergabung dalam kloter 21 berjumlah 316 jamaah. Dijadwalkan berangkat pada Sabtu 18 Juni 2022 dari GOR A. Yani Pangligur Sumenep, pukul 01.00 WIB.

“Kami doakan para jamaah haji diberi kekuatan lahir batin, ibadah hajinya lancar, dan bisa meraih predikat haji mabrur serta selamat kembali berkumpul dengan keluarga di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (rus/red)