Akhbar

DKPP Sumenep Mulai Rintis Wisata Petik Tanaman Hortikultura

Sabtu, 12 Maret 2022 18:30 wib

...
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto bersama petani saat panen demplot pengembangan padi varietas unggul benih (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Sukses menggelar panen demplot pengembangam padi varietas unggul benih (VUB), kini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, mulai melirik varietas unggul benih komoditas lain.

Hal itu berupa wisata petik tanaman holtikultura, yaitu demplot tanaman melon dengan sasaran pangsa pasar lokal maupun nasional.

“Di lahan BPP Ambunten juga akan melakukan demplot tanaman holtikultura, semacam ada wisata petik melon,” kata Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto, Sabtu, 12 Maret 2022.

Jika sudah terbentuk, Arif meminta agar produksi tanaman demplot ini nanti dikemas dengan cara yang unik dan sedemikian rupa. Ia seperti demplot tanaman melon.

“Supaya dapat dilirik oleh pangsa pasar. Baik pasar lokal maupun nasional. Mari upayakan agar ada demplot tanaman melon dengan warna merah, kuning, serta bentuk tidak hanya bundar seperti biasanya,” tegasnya.

“Nanti dapat berbentuk kotak, lambang cinta (love) dan lainnya, sehingga teknologi seperti ini produksinya akan dilirik oleh pangsa pasar,” imbuhnya.

Sisi lain, Arif meminta untuk melakukan inovasi nantinya supaya bisa dilirik oleh pangsa pasar, lokal maupun nasional, bahkan pasar internasional.

Untuk itu, ia berpesan agar setiap hasil uji coba benih unggul baru yang menghasilkan produksi bagus tetap dilakukan pengawalan dan pemeliharaan yang intensif mulai pelaksanaan tanam hingga panen.

Ia menambahkan, DKPP Sumenep akan terus berupaya untuk meningkatkan hasil panen, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Kita harus bersinergi dan kolaborasi dalam rangka untuk mengembangkan pertanian demi kesejahteraan kita bersama,” pungkasnya. (rus/adv)