Akhbar

Atasi Krisis Air, Unusa Bangun Instalasi Air Bersih di Pesantren Pamekasan

Minggu, 02 Januari 2022 17:30 wib

...

Pamekasan – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membangun instalasi air bersih di Pondok Pesantren Adduriyah Nyantren Desa Bangkes, Kadur, Pamekasan, Madura.

Instalasi air bersih itu diserahkan Unusa kepada pengasuh Pondok Pesantren Adduriyah pada 25 Desember 2021 lalu.

Pembangunan instalasi air bersih bagian dari program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Unusa itu menerapkan sistem pemanenan air terpadu dan filtrasi berbasi saringan pasir lambat yang dikombinasikan dengan karbon aktif.

Selain penyerahan satu paket instalasi air bersih, Unusa juga memberikan pelatihan
bagi santri dan masyarakat sekitar cara mengelola dan menyiapkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Ketua LPPM Unusa Achmad Syaifuddin mengatakan, bantuan instalasi air bersih dan pelatihan didorong dari keprihatinan atas krisis air.

“Sudah jelas jika kondisi air yang ada di wilayah tersebut tidak layak, karena keruh serta ada bintik putih yang jika lama akan licin, sehingga tidak layak untuk konsumsi,” kata Syaifuddin dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 2 Januari 2022.

Ketua Yayasan Khalid bin Walid yang menanungi Pondok Pesantren Adduriyah, Kiai As’ad menyampaikan terima kasih kepada Unusa yang telah memberikan bantuan instalasi air bersih.

“Saya berterima kasih ada kampus yang tergerak untuk melakukan pengabdian masyarakat agar air layak digunakan. Selama ini kami kesusahan dalam memperoleh air bersih apalagi masuk musim kemarau, air susah,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pamekasan H M Lutfi berharap apa yang sudah diberikan Unusa kepada pesantren bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saya melihat apa yang dilakukan Pengmas Unusa sangat revolusioner, terutama dalam mengatasi krisis air di Kabupaten Pamekasan. Mudah-mudahan dapat ditiru di daerah lain,” ujarnya. (red)