Akhbar

PKB Batang-Batang Ziarah Makam Gus Dur

Jum'at, 24 Desember 2021 15:00 wib

...

Sumenep – Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, berziarah ke Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin malam, 20 Desember 2021.

Ziarah dilakukan sebagai salah satu cara menjaga tradisi NU serta meneladani perjuangan Gus Dur.

Ketua DPAC PKB Batang-Batang Ahmari mengatakan, Gus Dur merupakan Bapak Bangsa yang banyak meninggalkan keteladanan perjuangan. Gus Dur merupakan Presiden RI ke-4 dari golongan kiai NU. Gus Dur berjasa besar dalam proses pendirian PKB.

“Gus Dur itu tidak hanya alim kitab, beliau juga merupakan kiai yang masuk ke dalam politik dengan idealisme kuat, tidak gampang terpengaruh, teguh pendirian dan tulus mengabdi terhadap bangsa serta negara,” kata Ahmari.

“Pantas banyak pegundal politik yang kala itu ingin melengserkan Gus Dur karena tidak bisa main petak umpet,” sambungnya.

Karena itu, lanjut Ahmari, PKB Batang-Batang selalu berusaha menanamkan nilai-nilai perjuangan Gus Dur dan keteguhannya mengabdi di NU.

“Saya selalu sampaikan kepada semua kader PKB kecamatan untuk benar-benar melayani umat dan masyarakat. Politik tidak selalu jelek, jika dipakai dengan benar akan membawa kemaslahatan. Contohnya ya Gus Dur,” tegasnya.

Ziarah kali ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Ranting PKB Kecamatan Batang-Batang, Mejelis Wakil Cabang (MWC) NU Batang-Batang. Dengan menaiki dua armada, rombongan berjumlah 40 orang.

Sebelum ke Makam Gus Dur, rombongan terlebih dulu ziarah ke Batu Ampar Pamekasan dan ke Makam Syaikhona Kholil Bangkalan.

Rombongan berlanjut ke Tebuireng Jombang tempat Makam Gus Dur dan berakhir ziarah di Sunan Ampel Surabaya.

“Semoga tawasul kepada para alim dan pendiri bangsa ini bisa membawa berkah dan membawa kemajuan PKB,” kata Sekretaris Dewan Syuro PKB Batang-Batang, Khoirul Ibad. (ari/onk)