Akhbar

Dukung MTQ Jatim 2021, Pemuda Muhammadiyah: Momentum Kenalkan Batik Tulis Pamekasan

Jum'at, 29 Oktober 2021 09:30 wib

...
Ketua Pemuda Muhammadiyah Pamekasan, Hudan Nashihin (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan berkomitmen untuk turut mensukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jawa Timur 2021.

“Kami, Pemuda Muhammdiyah sangat mendukung dan siap mensukseskan pelaksanaan MTQ XXIX Jatim di Pamekasan,” kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Pamekasan, Hudan Nashihin, kepada SantriNews pekan lalu.

Baca juga: Pemkab Pamekasan Luncurkan Bobotik sebagai Maskot MTQ XXIX Jatim 2021

MTQ XXIX Jawa Timur 2021 akan digelar pada 2-11 November 2021. Kabupaten Pamekasan dipercaya menjadi tuan rumah. Ini kali kedua Pamekasan dipercaya menjadi tuan rumah. Kali pertama menjadi tuan rumah pada MTQ tahun 1972.

Hudan berharap, MTQ Jatim 2021 di Pamekasan bisa meningkatkan semarak religiusitas masyarakat dan semakin mencintai al-Quran.

“Ini momentum bagi masyarakat Pamekasan untuk meningkatkan ubudiyah, mencintai Al-Quran dan mengamalkan (nilai-nilai) Al-Quran,” tegasnya.

Dari sisi ekonomi, lanjut dia, pelaksanaan MTQ Jatim 2021 ini momentum meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi akan dihadiri kafilah dari Kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Begitu juga dari segi sosial budaya. Pelaksanaan MTQ Jatim 2021 wahana efektig mengenalkan budaya yang ada di Pamekasan, mulai dari batik tulis Pamekasan yang terkenal bukan saja di Indonesia bahkan di dunia.

“Kita mengenalkan budaya Pamekasan yang religious, humanis, santun, dan beradab,” pungkasnya.

Baca juga: Bantah Tolak Harlah NU, Ketum Pemuda Muhammadiyah: Saya Madura dan Santri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah menyiapkan berbagai persiapan pelaksanaan event dua tahunan ini. Termasuk venue dan lokasi MTQ yang akan digunakan untuk tahap penyisihan hingga tahap final.

Ada sebanyak 12 venue. Yaitu Gedung Pemuda Jalan Kabupaten, aula SMKN 3, aula SMKN 2, aula Universitas Madura, 2 veneu di IAIN Madura, masjid Assyuhada Pamekasan, Pendopo Budaya Wakil Bupati Pamekasan, aula PCNU Pamekasan, aula Balai Redjo, aula Bakowil, aula Haji Kemenag, dan aula SMAN 2 Pamekasan.

Didampingi Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi telah memimpin Soft Launching MTQ XXIX Jatim 2021, di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Ahad, 24 Oktober 2021.

Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan. Di antaranya Sekda Pamekasan Totok Hartono, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Tejo Baskoro dan Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto. Juga hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Husnul Maram, Majelis Ulama Indonesia (MUI), para camat, dan tokoh masyarakat. (rus/onk)