Akhbar

47 Pondok Pesantren di Sumenep Bakal Terima Bantuan Sanitasi Tahap III

Selasa, 05 Oktober 2021 19:30 wib

...
Pintu gerbang Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep

Sumenep – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR RI) kembali akan memberikan bantuan program sanitasi tahap III tahun 2021 di pondok pesantren di Kabupaten Sumenep. Bantuan ini sebagai bagian dari upaya pencegahan Covid-19.

Pada tahap III tahun 2021, ada 47 pondok pesantren terpilih sebagai calon penerima. Tersebar di 12 kecamatan daerah daratan. Masing-masing pesantren senilai Rp200 juta.

Rinciannya, Kecamatan Lenteng (6), Pasongsongan (6), Pragaan (6), Ambunten (5), Batang-Batang (5), Gapura (5), Rubaru (4), Bluto (4), Guluk-Guluk (2), Batuputih (2), Manding (1), dan Saronggi (1). Sebelumnya pada tahap II terdapat 62 pondok pesantren.

Pada tahap III ini, Sumenep terbanyak di Madura dibandingkan Kabupaten Bangkalan sebanyak 18 pondok pesantren.

“Ini (tahap II) sebagian sudah sedang proses pengerjaan, ada yang baru selesai MoU,” kata Plt. Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Sumenep A Rifa’i Hasyim, kepada SantriNews, Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca juga: Bank Syariah Mandiri Serahkan CSR untuk Perbaikan Sanitasi Pesantren

Bantuan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi itu terdiri dari kamar mandi, bilik kakus, tempat wudhu, tempat cuci tangan, tempat mencuci, dan bangunan pengolahan air limbah.

Rifa’i Hasyim menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR RI yang telah menaruh perhatian terhadap pondok pesantren. “Dalam rangka menjaga kebersihan, mencegah Covid-19 di pondok pesantren,” ujarnya.

Pada tahun 2021, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk bantuan program sanitasi di pondok pesantren. Targetnya 6.000 pondok pesantren di seluruh Indonesia. (rus/onk)