Akhbar

Jelang Muskercab NU, LPPNU Pamekasan Siapkan 6 Rumusan Program Kerja

Senin, 23 Agustus 2021 07:00 wib

...

Pamekasan – Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Pamekasan menggelar konsolidasi pengurus, Ahad, 21 Agustus 2021. Mereka merumuskan program kerja yang akan dibawa ke Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) PCNU Pamekasan dalam waktu dekat ini.

Konsolidasi tersebut dikonsentrasikan di kediaman Ketua LPPNU Pamekasan KH Ilzamuddin. Tepatnya di area peternakan 150 sapi milik Pondok Pesantren Al-Fatih, Proppo, Pamekasan.

Kiai Ilzam menegaskan, ada enam rencana program kerja yang dirumuskan dalam pertemuan tersebut. Pertama, Bank Kotoran Hewan. Ini sebagai upaya untuk menghasilkan pupuk organik.

“Kedua, One produc priority branding LPPNU,” ujarnya.

Selanjutnya, program advokasi petani. Yakni, memfasilitasi dan mengawal atas hak dasar petani terhadap fasilitas publik dan kebijakan pemerintah.

Pertemuan tersebut juga mencetuskan program Petani Penggerak. Misinya, melahirkan kelompok petani yang bisa menjadi fasilitator penggerak petani sesuai dengan kluster lahan.

Program selanjutnya berupa Badan Usaha pertanian khusus yang mengetengahkan peralatan, perdagangan hasil panen, dan adopsi teknologi.

Klinik Pertanian secara daring dan luring tampak juga terumuskan.

Acara tersebut ditutup dengan ramah tanah hasil pertanian Pondok Pesantren Al-Fatih. Tampak ikan segar, daging segar, sayur segar, dan rempah-rempah segar yang dinikmati oleh semua pengurus. (nam)