Akhbar

Satgas Covid-19 Pamekasan Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkades 2021

Jum'at, 04 Juni 2021 19:00 wib

...

Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021, yakni pada 20 September. Ada 74 desa dari 13 kecamatan di Pamekasan yang akan menggelar Pilkades.

Belangsung di masa pandemi Covid-19, Pilkades serentak 2021 digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai tahapan hingga pelaksanaan.

“Ini demi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, mengingat Pilkades serentak kali ini digelar di tengah pandemi Covid-19,” kata juru bicara Satgas Covid-19 dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pamekasan Arif Rachmansyah, Jumat, 4 Juni 2021.

Karena itu, Satgas Covid-19 Pemkab Pamekasan memantau ketat penerapan protokol kesehatan pada masing-masing tahapan pelaksanaan Pilkades. Mulai dari pembentukan panitia pilkades di tingkat desa, kegiatan sosialisasi pelaksanaan pilkades hingga pelaksanaan pemungutan suara calon kepala desa.

Tahapan Pilkades dimulai sejak Juni 2021, berupa pembentukan panitia pilkades di 74 desa yang menyelenggarakan pilkades, sosialisasi pelaksanaan, pendaftaran dan penetapan nomor urut calon, serta pelaksanaan pemungutan suara, hingga pelantikan kepala desa terpilih.

Masing-masing desa diminta menyediakan tempat cuci dengan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Para camat, polsek dan koramil diminta untuk hadir secara langsung dalam setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang agar mereka bisa menyampaikan secara langsung tentang penerapan protokol kesehatan.

Salah satunya, seperti pada acara pembentukan panitia pilkades di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Kamis, 3 Juni 2021.

Pada pembentukan panitia pilkades di desa ini, pimpinan kecamatan yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Pamekasan menyampaikan sosialisasi langsung dan memberikan arahan kepada aparat desa dan panitia pilkades agar mereka benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

“Pemerintah telah memberikan dukungan berupa anggaran khusus untuk penerapan protokol kesehatan. Jadi, mari kita patuhi demi kebaikan bersama bagi kita semua,” kata Camat Pademawu Ahmad Farid saat menghadiri pembentukan panitia pilkades di Desa Tanjung.

Farid meminta para aparat desa, aktivis lembaga ketahanan masyarakat desa, organisasi desa, dan tokoh masyarakat desa bisa menjadi penggerak dalam penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan pelaksanaan pilkades.

“Saat ini status Kabupaten Pamekasan dalam hal penyebaran Covid-19 sudah membaik. Pamekasan sudah masuk zona hijau. Jadi mari kita pertahankan ini dengan cara tetap taat pada protokol kesehatan,” kata Farid. (red)