Akhbar

Resmikan Masjid Darul Karomah, Bupati Pamekasan Serahkan Bantuan dan Wakaf Al-Quran

Jum'at, 05 Maret 2021 18:00 wib

...
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam (berkacamata) menyerahkan bantuan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darul Karomah KH Mudassir Fatholbar (SantriNews.com/istimewa)

Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam hadir meresmikan pembangunan masjid Darul Karomah, di Dusun Sumber Lumpang, Desa Batu Bintang, Kecamatan Batumarmar, Kamis, 4 Maret 2021.

Peresmian dikemas dengan pengajian akbar. Masjid ini berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Karomah. ”Masjid ini milik pesantren,” kata Baddrut.

Turut hadir mendampingi bupati Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Disperindag, dan Kepala Dinas PUPR, serta sejumlah OPD lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Baddrut menyerahkan bantuan uang tunai senilai Rp20 juta dan mewakafkan 75 mushaf Al-Qur’an.

Ia berharap bantuan tersebut bisa mendorong spirit pembangunan serta melengkapi sarana dan prasarana Masjid Karomah.

”Semoga bantuan ini dirasakan manfaatnya oleh santri dan masyarakat sekitar,” tukasnya.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kelanjutan pembangunan dan kemanfaatan bagi masyarakat di Batu Bintang ini.”

Ia menegaskan Pemkab Pamekasan memiliki perhatian khusus terhadap pesantren. Salah satunya Program beasiswa santri yang digagas Pemkab merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam membangun pesantren.

”Dalam arti, generasi pesantren harus mapan dan semakin mapan,” tegas Ra Baddrut —panggikan Baddrut Tamam.

Menurut Baddrut, program beasiswa santri tidak bisa dilepaskan dari pesantren. Selama ini pesantren sendiri tidak bisa dilepaskan identitasnya sebagai tempat untuk mendalami ilmu agama. Secara simbolik, masjid di pesantren adalah roh spiritualnya.

”Karena itu, kami memberi perhatian khusus,” tandas mantan anggota DPRD Jatim dua periode ini.

Menurut dia pembangunan pesantren dan beasiswa santri memiliki keterpaduan yang kuat. Pesantren yang dibangun dengan baik, akan mencetak santri yang baik pula.

”Pembangunan pesantren dan beasiswa santri harus seirama. Sehingga, ada semangat yang sama antara beasiswa santri sebagai roh pembangunan SDM-nya dan pesantren sebagai pembangunan fisiknya,” ulasnya.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Darul Karomah KH Mudassir Fatholbari menyampaikan banyak terima kasih. Menurutnya, bantuan dari Bupati Baddrut itu tentunya sangat berguna bagi keberlangsungan pesantren.

”Semoga ini dinilai ibadah oleh Allah SWT,” tukasnya. (ari/onk)