Akhbar

Ngopi Bareng Kader, Ansor Sumenep Perkuat Langkah Strategis Sikapi Radikalisme

Minggu, 31 Januari 2021 10:30 wib

...

Sumenep – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumenep terus berkomitmen memerangi persoalan radikalisme.

Selain aktif melakukan sosialisasi dan upaya-upaya pencegahan berbasis Ranting, Ansor Sumenep juga rutin menggelar konsolidasi bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Kabupaten Sumenep guna memperkuat langkah-langkah strategis dalam melakukan gerakan kepemudaan.

Ahad, 31 Januari 2021, PC GP Ansor Sumenep kembali menggelar kajian rutin yang melibatkan semua pengurus PC dan PAC. Kali ini, acara rutin bulanan yang dikemas dengan Ngaji Sosial Politik dan Ekonomi Bersama Ansor (Ngopi Bro) ini mendatangkan Dr H Damanhuri (Wakil Rektor I Instika Sumenep) dan KH Ahmad Zarkasyi Abdurrahim (Rois Syuriah MWC NU Pragaan).

Acara bulanan yang ditempatkan di Graha KH Abdul Wahab Hasbullah ini, mengangkat tema “Langkah Strategis Pemuda dalam Menyikapi Warga Terpapar Radikalisme”.

Hadir dalam acara tersebut, Pengurus Pimpinan Cabang dan Delegasi PAC GP Ansor se Kabupaten Sumenep.

M Qumri Rahman, Ketua PC GP Ansor Sumenep menegaskan bahwa masalah radikalisme menjadi salah satu fokus gerakan Ansor dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, radikalisme telah menjadi ancaman nyata terhadap keutuhan NKRI, sehingga harus dicegah dan diperangi bersama.

“Dalam hal ini, GP Ansor punya kewajiban untuk menjaga nilai-nilai ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan menjaga NKRI dari berbagai ancaman, terutama dari gerakan radikalisme,” kata M Qumri Rahman.

Untuk menyikapi hal itu, alumnus Pesantren Sidogiri dan Sukorejo ini pun mengingatkan agar semua kader Ansor dari tingkat PC hingga PAC dan Ranting dapat memaksimalkan tugas dan fungsinya dengan baik, dalam rangka mengembangkan nilai-nilai ajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam upaya menjaga NKRI. (kur/onk)