Akhbar

KPU Sosialisasi Pilkada 2020: Pilihan Pemuda Penentu Masa Depan Sumenep

Jum'at, 04 Desember 2020 15:30 wib

...

Sumenep – Dosen IAIN Madura Abdul Wahid menaruh harapan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mampu melaksanakan Pilkada Sumenep 2020. Sebab, Pilkada kali ini berlangsung di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Saya harapkan KPU mampu mensukseskan pesta demokrasi ini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Wahid saat menjadi narasumber pada sosialisasi teknis bagi pemilih, di kafe Mami Muda Sumenep, Jumat, 4 Desember 2020.

Sosialisasi bertema “Pilihan Anda Menentukan Masa Depan Sumenep” itu diselenggarakan oleh KPU Sumenep dengan menggandeng Forum Jurnalis Aryawiraraja. Wahid hadir menjadi pemateri bersama Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Sosialisasi Rafiqi Tanzil.

Menurut Wahid, kinerja KPU Sumenep dalam melangsungkan Pilkada 2020 tengah diuji karena berlangsung di masa pandemi Covid-19.

Kepada 50 peserta sosialisasi dari berbagai delegasi organisasi mahasiswa, pemuda dan pelajar, Wahid meminta agar tidak golput pada Pikada Sumenep 2020.

“Anak muda ini adalah penentu masa depan Sumenep kedepan, jadi harus bisa memaksimalkan suara untuk memilih pemimpin yang benar-benar akan memajukan Sumenep,” pungkasnya.

Rafiqi Tanzil mengakui KPU Sumenep perlu meningkatkan sosialisasi terutama dari kalangan pemilih pemula guna merangsang mereka untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Pesta demokrasi 5 tahunan sebentar lagi akan digelar. Saya harapkan, dari sosialisasi ini menjadi awal masyarakat mengerti bagaimana menentukan pilihannya,” kata Rafiqi.

Pilkada Sumenep 2020 diikuti dua pasangan calon. Yakni, Achmad Fauzi-Hj Dewi Khalifah nomor urut 01, dan Fattah Jasin-KH M Ali Fikri nomor urut 02.

Pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah diusung PDIP, Gerindra, PAN, PKS, dan PBB. Sedangkan pasangan Fattah Jasin-Kiai Ali Fikiri diusung PKB, PPP, Demokrat, Golkar, NasDem, dan Hanura. (ari/onk)