Akhbar

KPU Sumenep Mulai Distribusikan Logistik Pilkada ke Kepulauan

Selasa, 01 Desember 2020 10:00 wib

...

Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, mulai mendistribusikan logistik Pilkada 2020 ke sejumlah daerah di kepulauan. Pendistribusian pertama untuk Kecamatan Masalembu, pada Senin, 30 November 2020.

Masalembu merupakan pulau terjauh. Pendistribusian logistik untuk daerah masih diproses.

“Dari 19 Kabupaten/kota di Jawa Timur, Sumenep merupakan pertama dalam pendistribusian logistik,” kata Komisioner KPU Jawa Timur, Miftahur Rozaq saat memantau proses pengiriman logistik ke Masalembu di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Senin, 30 November 2020.

Komisioner KPU Sumenep Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data, Rahbini mengatakan, tahapan pendistribusian logistik untuk wilayah kepulauan didahaulukan karena menyesuaikan jadwal kapal.

“Kita dahulukan, kerena susahnya jadwal transportasi. Saat ini, proses pengiriman ke Kecamatan Sapeken dan Arjasa,” kata Rahbini di kantornya, 1 Desember 2020.

Selain itu, proses pengirim ke wilayah kepulauan juga memakan waktu sekitar 18 jam terutama pulau yang jauh seperti Masalembu. “Kalau wilayah daratan kapan pun bisa dikirim. Karena aksesnya mudah,” tegasnya.

Logistik Pilkada meliputi surat suara, kotak suara, bilik suara, dan formulir. Sedikitnya ada 10 item logistik yang terdapat di dalam kotak suara. Proses pengiriman melalui jalur laut dengan kapal penumpang dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

KPU Sumenep telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2020 sebanyak 822.320 pemilih, dengan rincian pemilih perempuan 433.686 dan pemilih laki-laki berjumlah 388.634.

Penetapan ini setelah melalui proses panjang, dimulai dengan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) di berbagai balai dan tempat yang mudah dijangkau masyarakat.

Hasilnya, KPU Sumenep kemudian menetapkannya melalui rapat pleno terbuka di Hotel Utami Sumenep, Rabu 14 Oktober 2020. “Hal ini demi terwujudnya DPT yang berkualitas,” kata Komisioner KPU Sumenep Divisi Data dan Informasi, Syaifur Rahman, usai rapat pleno penetapan DPT.

Pilkada Sumenep 2020 diikuti dua pasangan calon. Yakni, Achmad Fauzi-Hj Dewi Khalifah nomor urut 01, dan Fattah Jasin-KH M Ali Fikri nomor urut 02.

Pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah diusung PDIP, Gerindra, PAN, PKS, dan PBB. Sedangkan pasangan Fattah Jasin-Kiai Ali Fikiri diusung PKB, PPP, Demokrat, Golkar, NasDem, dan Hanura. (ari/onk)