Akhbar

Ciptakan 10 Ribu Wirausaha Muda, Bupati Pamekasan Luncurkan Program Millenial Talent Hub

Selasa, 24 November 2020 10:30 wib

...
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat sambutan pada peluncuran program “Millenial Talent Hub” Gedung Pemuda di Jalan Kabupaten, Senin malam, 23 Nopember 2020 (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Pemerintah Kabupaten Pamekasan meluncurkan program “Millenial Talent Hub” atau pusat pengembangan bakat generasi milenial. Diharapkan menjadi wadah terciptanya komunitas baru generasi pengusaha.

Peluncuran ditandai dengan peluncuran logo oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, didampingi Wakil Bupati Raja`e, Sekdakab Totok Hartono, Plt Kepala Disnakertrans Pamekasan Supriyono, sejumlah OPD, dan pemilik usaha Bani Grup Ali, di Gedung Pemuda di Jalan Kabupaten, Senin malam, 23 Nopember 2020.

“Ayo sambut program ini sebagai bagian dari ikhtiar semua elemen masyarakat, pemerintah, rakyat dan semua elemen lainnya bersama-sama mendorong bagaimana di semua desa dan kita semua berjanji pada diri kita semuanya untuk menjadi pengusaha,” kata Baddrut saat sambutan.

Millenial Talent Hub (MTB) adalah program berbasis online yang mendorong terciptanya komunitas baru berbasis ekonomi. Wadah bagi kaum milenial berkiprah di dunia wirausaha serta wadah belajar bersama bagi pengusaha muda yang ingin mengembangkan usahanya secara online.

Melalui program ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan menggelar pelatihan dan kursu keterampilan bagi para pemuda. Usai pelatihan, mereka diberi bantuan alat, izin usahanya dibantu diurus oleh tenaga pendamping, serta akses pinjaman modal usaha.

Pemkab Pamekasan, kata Baddrut, akan memberikan pendampingan kepada setiap pelaku usaha hingga proses penjualan produk didukung juga dengan adanya aplikasi ‘Pamekasan Smart’ untuk mempermudah wirausaha muda mengembangkan usahanya masing masing.

Baddrut mengatakan, program MTH ini merupakan salah satu program dalam mendukung 5 program prioritas Pemkab Pamekasan di bidang ekonomi dengan mencetak 10 ribu pengusaha baru.

Ia mengajak generasi muda agar lebih inovatif, kreatif dan cepat di era yang serba canggih seperti sekarang. Teknologi yang dimiliki hampir semua orang, terutama kalangan generasi muda harus bisa dimanfaatkan secara bijak untuk kepentingan yang membawa manfaat bagi masa depan.

“Handphone yang saudara punya sudah ada beberapa informasi luar biasa, ayo kita manfaatkan pada hal-hal baik. Manfaatkan untuk promosi usaha, manfaatkan untuk belajar hal-hal baru yang belum kita ketahui untuk menunjang usaha,” tegasnya.

Ia menambahkan, di era yang telah menghadapi era industri 4.0, program MTH ini diharapkan bisa mengurangi pengangguran serta menciptakan lapangan kerja baru di kalangan anak muda khususnya. (nuri/red)