Akhbar

Wabup Sumenep Apresiasi Perjuangan Kiai dalam Mendidik Santri

Kamis, 24 Oktober 2019 23:00 wib

...
Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menghadiri Kirab Santri dan Pengajian Umum di Pondok Pesantren Nurud Dhalam, Ganding, Sumenep, Kamis, 24 Oktober 2019 (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, para kiai memiliki kontribusi besar dalam membimbing umat dan mengembangkan pendidikan.

Terbukti, di Kabupaten Sumenep saja terdapat sedikitnya sekitar 800 pondok pesantren. Tentu itu butuh proses perjuangan yang panjang.

“Para kiai berjuang dalam mengembangkan pendidikan, tujuannya memperkuat sumber daya manusia,” kata Fauzi saat menghadiri tasyakkuran Hari Santri Nasional dan Pengajian Umum di Pondok Pesantren Nurud Dhalam, Ganding, Sumenep, Kamis, 24 Oktober 2019.

Baca juga: KH Imam Hasyim Apresiasi Kiprah Anak Muda NU

Pengajian itu diawali kirab santri dengan pawai obor. Kirab Santri bertujuan menunjukkan semangat perjuangan santri kepada masyarakat.

Fauzi mengingatkan, hal paling penting dari momentum peringatan Hari Santri adalah mendorong para santri semakin berakhlak, cerdas dan berprestasi.

“Hari Santri Nasional merupakan bentuk pengakuan negara terhadap perjuangan santri dalam meraih kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Ansor Jombang: Hari Santri Gelorakan Perjuangan Kiai Tempo Dulu

Pada 2019 ini, Pemerintah Sumenep bekerjasama dengan PCNU Sumenep merayakan Hari Santri Nasional dengan beragam rangkaian kegiatan, mulai pengajian hingga bakti sosial.

Atas nama Pemerintah Sumenep, Fauzi menyampaikan terima kasih atas kegiatan Kirab Santri dalam tasyakkuran Hari Santri Nasional ini. (rus/onk)