Akhbar

Warga Pulang Kampung, DPRD Sumenep Minta Pemkab Sediakan Tempat Khusus

Selasa, 31 Maret 2020 08:30 wib

...
Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi (santrinews.com/bahri)

Sumenep – Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi meminta Pemerintah Kabupaten Sumenep agar menyediakan tempat khusus bagi warga yang baru mudik dari luar daerah sebagai ikhtiar mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Pemerintah bisa memanfaatkan lembaga pendidikan yang kebetulan sekarang libur, untuk melokalisasi warga,” kata Indra Wahyudi, di Sumenep, Selasa, 31 Maret 2020.

Baca juga: Harlah Ke-94 NU, Ini Pesan Ketua DPRD Sumenep

Tempat khusus itu, menurut Indra, terutama bagi warga yang baru mudik dari wilayah yang masuk zona merah Corona, seperti Jakarta.

Dalam seminggu terakhir warga Sumenep yang bekerja di luar daerah banyak yang pulang kampung mengingawat wabah Corona seiring perkembangan wabah Corona.

Langkah lain, kata Indra, Pemkab harus memperketat akses utama warga masuk ke Sumenep dengan memaksimalkan pemeriksaan dan sterilisasi di wilayah perbatasan.

Baca juga: Resmi Sahkan APBD 2020, DPRD Sumenep: Demi Rakyat

Selain itu, pemerintah harus menyiagakan dengan melakukan pemeriksaan rutin kepada warga yang baru datang dari luar daerah. Begitu juga aktivitas mereka harus dipantau, mengingat tidak bisa dijamin melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Jadi, Pemkab tidak hanya memeriksa di perbatasan, sementara dibiarkan beraktifitas seperti biasanya,” tukasnya.

Langkah tersebut, kata Indra, sebagai antisipasi penyebaran virus Corona. “Ini semata-mata untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan,” tegasnya. (ari/onk)