Akhbar

Diskop Sumenep Bekali Perempuan Muda Keterampilan Salon

Selasa, 22 Oktober 2019 16:00 wib

...

Sumenep – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep berkomitmen memberdayakan kaum perempuan. Salah satunya dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang jasa salon.

“Diharapkan pelatihan ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan peserta agar mempunyai usaha,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep, Fajar Rahman di acara pembukaan Pembinaan dan Pelatihan Bidang Salon di Badan Latihan Kerja (BLK) Sumenep, Selasa, 22 Oktober 2019.

BACA juga: BLK Darun Najah Bekali Skill Santri Hingga Kaum Difabel

Pelatihan diikuti sebanyak 40 peserta. Mereka berasal dari kalangan perempuan muda yang memiliki bakat di bidang kecantikan atau salon. Usia mereka rata-rata di bawah 30 tahun.

Fajar berharap pelatihan dapat menumbuhkan kreativitas dan skill usaha salon, sehingga peserta nanti bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Angka pengangguran di Sumenep pun ditekan.

Guna mencapai itu, usai mengikuti pelatihan peserta harus membentuk Koperasi sebagai wadah usaha bersama, dalam rangka mengembangkan usaha salon masing-masing.

“Dengan begitu kita mudah memantau perkembangan (usaha) mereka,” tandasnya.

“Kami siap untuk memfasilitasi pembentukan Koperasi mereka,” sambungnya.

Pelatihan akan berlangsung hingga 26 Oktober 2019. Waktu lima hari dinilai cukup. Sebab, kata Fajar, para peserta sudah memiliki keterampilan dasar menyalon.

Tak hanya itu, lanjut Fajar, para peserta juga akan diberi fasilitas seperti kantor bersama untuk mengembangkan kemampuan dan usaha mereka.

“Untuk tempat nanti kita akan perjuangakan, karena bantuan-bantuan seperti ini ada di UPD lain,” tandasnya.

BACA juga: Mendikbud: Santri Harus Punya Life Skill

Sementara Kabid Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep, Lisa Bertha Soetedjo, menjelaskan, pelatihan salon ini mendatangkan tutor salon yang sudah berpengalaman di bidangnya.

“Alhamdulillah, peserta sangat senang dan antusias, karena peserta itu sangat menginginkan untuk mengembangkan keterampilan di bidang salon,” tegasnya. (ari/hay)