Akhbar

PMII Guluk-Guluk Bersih-bersih di Lingkungan Pesantren Annuqayah

Senin, 03 Februari 2020 14:00 wib

...
Kader PMII dan santri bakti sosial bersih-bersih di lingkungan Pondok Pesantren Annuqayah (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Guluk-Guluk, Sumenep, melaksanakan bakti sosial bersih-bersih di lingkungan Pondok Pesantren Annuqayah, Senin pagi, 3 Februari 2020.

Bakti sosial dalam rangkaian peringatan Harlah ke-94 NU itu diawali dengan istighatsah. Bukan hanya kader PMII Guluk-Guluk, bakti sosial juga diikuti santri Annuqayah.

Ketua Komisariat PMII Guluk-Guluk, Moh Faiq, menjelaskan alasan bakti sosial diadakan di lingkungan pesantren, diantaranya agar kader-kader PMII juga terlibat aktif dalam melakukan pengabdian pada pesantren.

“Kami teringat dawuh Kiai Muhammad Ali Fikri selaku salah satu pengasuh Annuqayah bahwa, PMII Guluk-Guluk sejatinya harus mampu membantu dan menggapai cita-cita pesantren dalam membentuk santri yang luhur, sedang kegiatannya bisa dengan bersih-bersih supaya keberadaan PMII Guluk-Guluk dirasakan oleh pesantren,” kata Faiq.

Kegiatan bertema Harlah NU dan Kebersihan Lingkungan itu sebagai spirit mengkampanyekan kebersihan dan merawat bumi. “Karena bumi bukanlah warisan dari nenek moyang melainkan titipan untuk anak dan cucu tersayang,” kata Faiq.

Bakti sosial PMII ini mendapat apresiasi dari pihak pesantren terlebih pengurus pesantren daerah Lubangsa.

“Alangkah lebih baiknya nanti direncanakan kembali dengan melibatkan seluruh santri Lubangsa bagian kebersihan umum, agar seluruh santri juga mempunyai semangat untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Ach Junaidi Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa. (rus/onk)