Akhbar

Olimpiade Aswaja, Ikhtiar LP Maarif NU Sumenep Bendung Radikalisme Pelajar

Minggu, 13 Oktober 2019 14:30 wib

...
Peserta Olimpiade Aswaja oleh LP Maarif NU Sumenep tengah mengikuti tes seleksi (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Pemantapan paham Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sangat penting dilakukan sejak dini di kalangan pelajar mengingat paham radikalisme sudah menyusup di lembaga pendidikan.

Salah satu ikhtiar Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Maarif NU) Sumenep dalam melakukan pemantapan Aswaja tersebut adalah melalui Olimpiade Aswaja.

“Intinya kegiatan ini output nya melindungi para pelajar dari paham takfiri (mengkafirkan),” kata Ketua PC LP Ma’arif NU Sumenep Hosnan Mosthofa, Ahad, 13 Oktober 2019.

BACA: Mantapkan Aswaja An-Nahdliyah Sejak Dini

Olimpiade Aswaja yang diikuti sebanyak 250 pelajar berlangsung di tiga lokasi, yakni gedung MTs Raudlatut Thalibin Kolor, SMA Plus Miftahul Ulum Terate, SMA NU dan SMA Yas’a Pangarangan.

Pada Ahad, 13 Oktober 2019, hari ini, mereka berkompetisi dalam tahapan pertama tes seleksi dengan materi seputar Aswaja dan ke-NU-an. Ujian berbasis komputer.

“Hari ini adalah tahapan seleksi menentukan masuk 10 besar,” kata Hosnan.

Hosnan menjelaskan, Olimpiade Aswaja terbagi tiga tingkatan, yakni MI/SD, MTs/SMP, dan SMA/MA atau SMK.

Dari 250 peserta akan diambil 10 finalis untuk masing-masing tingkatan. 10 finalis itu nanti akan mengikuti tes lanjutan berupa wawancara yang dipusatkan di Kantor PCNU Sumenep.

“Pada tanggal 18 Oktober akan diumumkan siapa yang juaranya. Peserta yang masuk 10 besar nantinya juga kita beri sertifikat,” tandasnya.

BACA Juga: NU Sumenep Jelajah Situs Sejarah Pejuang Aswaja

Hosnan menambahkan, Olimpiade Aswaja juga bertujuan mematangkan materi ke-NU-an di Lembaga Ma’arif. Membangun sinergi antar lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan NU.

“LP Ma’arif NU terus berusaha membangun sinergi pendidikan di bawah naungan NU,” ujarnya.

Olimpiade Aswaja adalah satu satu rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2019. LP Ma’arif NU adalah penanggungjawab pelaksana Olimpiade Aswaja. (rus/onk)