Akhbar

Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi: Pesantren Aset Penting Ciptakan Keamanan

Jum'at, 06 Desember 2019 18:30 wib

...
Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi saat bersilaturahim di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Desa Karay, Ganding, Jumat, 6 Desember 2019 (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, mengatakan, kiai dan santri memiliki peran sangat penting dalam membantu kepolisian menciptakan keamanan di masyarakat. Sebab, menurut dia, kepolisian memiliki keterbatasan terutama dari jumlah personel.

“Di Sumenep ada 331 pondok pesantren, tentu ini aset penting dalam membantu keamanan,” kata AKBP Deddy kepada SantriNews.com, saat bersilaturahim di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Desa Karay, Ganding, Jumat, 6 Desember 2019.

Baca juga: Mohon Masukan, Kapolri Temui Ketua Umum PBNU

Tiba sekira pukul 11.00 WIB, kedatangan AKBP Deddy disambut Pengasuh Pesantren Nurul Jadid KH Abd Wafi. Ia bersama robongan langsung menuju Masjid untuk menunaikan shalat Jumat.

AKBP Deddy menjelaskan, kepolisian khususnya Polsek ketika patroli hanya berjumlah tiga orang bersama Koramil. Karena itu, kata dia, peran kiai dan tokoh masyarakat sangat penting.

“Tidak hanya polisi, peran kiai dan santri sangat vital dalam mewujudkan kamtibmas di Sumenep,” tegasnya.

Ia berjanji akan rutin bersilaturahim ke sejumlah pondok pesantren dalam rangka melibatkan santri dalam membantu tugas-tugas polisi kenciptakan keamanan di masyarakat.

“Jangankan (pesantren) besar, yang paling kecil pun akan saya datangi. Kita menginginkan kerjasama dengan pihak pesantren untuk sama-sama mengelola Kamtibmas,” tegasnya.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Rohani, 72 Polisi Ikut Pesantren Kilat

Bukan hanya pesantren. Ia juga akan mengagendakan bersilaturahmi dengan organisasi kemasyarakatan. “Nanti kita rencanakan juga akan ketemu dengan Ormas seperti NU dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Selesai shalat Jumat dan dijamu oleh Pengasuh Pesantren Nurul Jadid Kiai Abdul Wafi, Kapolres Sumenep AKBP Deddy bersama rombongan langsung melakukan kunjungan kerja ke Mapolsek Manding dan Batuputih.

KH Abd Wafi merespon positif kunjungan AKBP Deddy bersama rombongan ke pesantren yang ia asuh. Ia menyatakan siap membantu kepolisian dalam mewujudkan keamaan. “Sebenarnya kiai dan santri jika nanti dibutuhkan maka siap membantu pihak keamanan,” ujarnya.

Baca juga: Gandeng Ormas Islam, Polri Yakin Mampu Redam Konflik Pilkada

Pekan lalu pada hari pertama berdinas di Sumenep, AKBP Deddy mengunjungi Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk, dan Al-Amien Prenduan, lalu ia bersama rombongan langsung melakukan kunjungan kerja ke Mapolsek Bluto dan Saronggi. (rus/hay)