Akhbar

Ngaji Bersama Gus Muwafiq, Bupati Sumenep: Meneguhkan Keberagaman NKRI

Rabu, 09 Oktober 2019 23:30 wib

...
Bupati Sumenep KH A Busyro Karim, saat sambutan di acara Istighasah dan Pengajian Akbar bersama Gus Muwafid di depan Masjid Jamik Sumenep (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Istighasah dan Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, di depan Masjid Jamik Sumenep, Rabu malam, 9 Oktober 2019.

Pengajian diisi ulama kondang dari Yogyakarta KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq. Dengan tema ‘Merawat Keberagaman Meneguhkan NKRI’, pengajian diikuti ribuan warga dan santri.

Baca juga: Gus Muwafiq: Nabi Tak Mudah Mengkafirkan Umat Lain

Bupati Sumenep KH A Busyro Karim menyampaikan banyak terima kepada Gus Muwafiq dan masyarakat Sumenep. Meski memiliki kesibukan luar biasa, Gus Muwafiq masih menyempatkan diri hadir mengisi pengajian di Sumenep.

“Gus Muwafiq ini sibuknya luar biasa. Ini tadi malam subuh baru nyampe Surabaya karena masih ceramah di tempat lain. Terima kasih juga kepada panitia dan semua pihak yang berpartisipasi aktif,” kata Kiai Busyro dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, Istighasah dan pengajian dengan menghadirkan Gus Muwafiq bertujuan untuk merawat keberagaman Negara Republik Kesatuan Indonesia (NKRI).

“Bangsa Indonesia tetap utuh. Kita walaupun punya pandangan yang berbeda, tapi Indonesia adalah tetap Indonesiaku,” tegasnya.

Baca juga: Buka Diklatsar, Ini Pesan Bupati Sumenep kepada Kader Banser

Menurut politisi PKB ini, perbedaan pandangan adalah sesuatu yang wajar selama dalam batas-batas yang tidak menimbulkan perpecahan.

Kiai Busyro berharap, kehadiran Gus Muwafiq bisa menjadi edukasi bagi masyarakat Sumenep agar senantiasa merawat keberagaman.

“Dalam keberagamaan ini bagaimana kita tetap meneguhkan kebersamaan kita dalam rangka NKRI. Saya berharap semuanya harus mengikuti sampai selesai bersama Gus Muwafiq,” tandasnya. (red/onk)